KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) / MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1
Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
2.2
Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3
Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras,
budaya, dan gender
2.4
Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah
tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka
Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami sejarah dan
semangat komitmen para pendiri Negara
dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
3.2
Memahami sejarah perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4
Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
3.6
Memahami keberagaman
suku, agama, ras, budaya, dan gender
3.7
Memahami pengertian dan makna Bhinneka
Tunggal Ika
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2
Menyaji hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Menyaji hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4
Menyaji hasil pengamatan
tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5
Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat
tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
4.6
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
4.7
Menyaji hasil telaah
tentang makna
Bhinneka Tunggal Ika
4.8
Menyaji bentuk
partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara
|
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup
bangsa
2.2
Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang
ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3
Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
2.4
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan
bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat
mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5
Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk
memperkuat dan memperkokoh NKRI
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
3.2
Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional
3.4
Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5
Memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6
Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7
Memahami unsur-unsur NKRI
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional
4.4
Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di
Indonesia
4.5
Menyaji pelaksanaan kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6
Menyaji hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7
Menyaji hasil telaah unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang
utuh
4.8
Berinteraksi dengan teman
dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
4.9
Menyaji bentuk
partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
perilaku beriman dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan pergaulan antarbangsa
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan jaman
2.2
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup
bangsa
2.3
Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana
perwujudan keadilan dan kedamaian
2.4
Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia
2.5
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan
Sumpah Pemuda tahun 1928
2.6
Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional
dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
3.2
Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
3.4
Memahami perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap
sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
3.5
Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
dan cara pemecahannya
3.6
Memahami konteks kesejarahan NKRI
|
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
sesuai dinamika perkembangan jaman
4.2
Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Menyaji hasil telaah tentang aturan hukum yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
4.4
Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan
nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat,
bangsa dan negara
4.5
Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman
masyarakat
4.6
Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen mempertahankan NKRI
dalam konteks kesejarahan
4.7
Berinteraksi dengan teman
dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
4.8
Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar