2. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH
TSANAWIYAH
(MTs)
a. Pendidikan Agama Islam
SMP/MTs
1.
Menerapkan tata
cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah
dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2.
Meningkatkan
pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada
Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
3.
Menjelaskan dan
membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti
ananiah, hasad, ghadab dan namimah
4.
Menjelaskan tata
cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun
shalat sunat
5.
Memahami dan
meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah
masuk dan berkembangnya Islam di nusantara
b. Pendidikan Agama Kristen
SMP
1.
Menjelaskan karya Allah dan penyelamatan bagi manusia dan
seluruh ciptaan
2.
Menginternalisasi nilai-nilai kristiani dengan
menanggapinya secara nyata
3.
Bertanggung jawab terhadap diri dan sesamanya, masyarakat
dan gereja sebagai orang yang sudah diselamatkan
c. Pendidikan Agama Katolik
SMP
1. Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita yang memiliki
rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan untuk berelasi dengan sesama dan
lingkungannya.
2. Peserta didik dapat menguraikan pemahamannya
tentang Yesus Kristus dan bagaimana meneladani Yesus yang mewartakan
Bapa dan Kerajaan Allah
3. Peserta didik dapat menguraikan makna Gereja
sebagai sakramen keselamatan dan bagaimana mewujudkannya dalam hidup nyata.
4.
Peserta didik
dapat menguraikan pamahaman tentang hidup bermasyarakat dan bagaimana melaksanakan kehidupan bermasyarakat
sesuai ajaran Firman Allah dan pengajaran Yesus Kristus.
d. Pendidikan Agama Hindu
SMP
1.
Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai
Asta Aiswarya, Awatara, Dewa dan Bhatara
2.
Memahami ajaran Sad Ripu, Sad Atatayi, Sapta Timira
sebagai aspek diri yang harus dihindari
3.
Memahami latar belakang timbulnya Yadnya dan hakikatnya
4.
Memahami Weda sebagai kitab suci dan para Rsi penerima
wahyu
5.
Memahami keberadaan orang suci agama Hindu
6.
Memahami hari-hari suci keagamaan dan hakikatnya
7.
Memahami ajaran kepemimpinan Hindu
8.
Memahami hubungan Bhuana Agung dan Bhuana Alit
9.
Memahami Dharma Gita, sejarah masuknya agama Hindu ke
Indonesia, dan keberadaan
kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia
e. Pendidikan Agama Buddha
SMP
1.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan
mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi),
dan kebijaksanaan (panna)
2.
Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
3.
Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan
tuntunan masing-masing aliran
4.
Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha,
Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
5.
Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan
kreatif untuk memecahkan masalah
6.
Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
7.
Mengungkapkan sejarah perkembangan agama Buddha
8.
Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk
melanjutkan pendidikan di SMA
f. Pendidikan Kewarganegaraan
SMP/MTs
1. Memahami dan
menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma
kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan,
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2. Menjelaskan makna
proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia
sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
3. Menghargai perbedaan
dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
4. Menampilkan perilaku
yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
5. Menunjukkan sikap
positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
6.
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara
pemerintahan pusat dan daerah
7. Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8.
Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan
keindividuannya
g. Bahasa Indonesia SMP/MTs
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara,
pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato,
khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi,
drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan
wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam
berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami
berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita
pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan
4.
Menulis
Melakukan berbagai kegiatan
menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku
harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk,
rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya
ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk
pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen
h. Bahasa Inggris SMP/MTs
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
3. Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis
interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive,
dan report, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
i. Matematika SMP/MTs
1.
Memahami konsep
bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif,
distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya),
serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
2.
Memahami konsep
aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan
pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi,
fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Memahami
bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan
pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi
sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema
Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran
dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan
jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola,
serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah
4.
Memahami konsep
data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik),
rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
5.
Memahami konsep
ruang sampel dan peluang kejadian, serta
memanfaatkan dalam pemecahan masalah
6.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai
kemampuan bekerja sama
j. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs
1.
Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai,
melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan
pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan
mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang
diperoleh
2.
Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya
berdasarkan ciri, cara-cara
pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam
ekosistem
3.
Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan
makhluk hidup
4.
Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat
dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya
5.
Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang,
optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di
dalamnya
k. Ilmu Pengetahuan Sosial
SMP/MTs
1.
Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses
pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
2.
Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian manusia
3.
Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta,
atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan
5.
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan
pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6.
Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan
kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7.
Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan
kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
8.
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe
perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai
penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya
pencegahannya
9.
Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi
berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan
unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
10.
Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja
sama internasional dan peran Indonesia
dalam kerja sama dan perdagangan
internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11.
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
12.
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi
berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan
l. Seni Budaya SMP/MTs
Seni
Rupa
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan
melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan
melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah
Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni
yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.
Seni Musik
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan
dan berkelompok.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara
perseorangan dan kelompok
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan
kelompok
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok
terhadap keunikan seni tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap
keunikan seni tari Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok
terhadap keunikan seni tari mancanegara
Seni
Teater
1. Mengapresiasi
dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater
daerah setempat
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni
teater terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater Nusantara
4. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap
keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara
m. Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs
1.
Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.
Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat
3.
Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada,
gaya bebas, dan gaya punggung
4.
Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat
sederhana
5.
Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan,
penjelajahan alam sekitar dan piknik
6.
Memahami
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta
lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi
narkoba
n. Keterampilan SMP/MTs
Kerajinan
1.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan untuk fungsi
pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan
rekat serta teknik butsir dan cetak dengan ragam hias tradisional, mancanegara
maupun modifikasinya
2.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan jahit dan sulam
dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
3.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan anyaman dan
makrame
4.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik
potong sambung dan teknik potong konstruksi dengan ragam hias tradisional,
mancanegara maupun modifikasinya
5.
Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik
sayat dan ukir dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
Teknologi
Rekayasa
1. Mengapresiasi
dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat penerangan dan alat yang
menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai)
2. Mengapresiasi
dan menerapkan karya teknologi rekayasa penjernihan air dengan teknologi
mekanis dan teknologi kimia
3. Mengapresiasi
dan membuat benda teknologi rekayasa alat yang berputar secara mekanis dan
digerakkan dengan listrik
Teknologi
Budidaya
1. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi budidaya pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelor
dan bibit hewan unggas
2. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi budidaya tanaman obat dan tanaman hias yang
menggunakan media tanah
3. Mengapresiasi
dan menerapan teknologi budidaya ikan air tawar dan ikan hias air tawar di
dalam kolam
Teknologi
Pengolahan
1. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi pengolahan manisan basah dan kering bentuk padat dari
bahan nabati
2. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan mentah nabati dan
hewani dengan cara diasinkan
3. Mengapresiasi
dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan bahan nabati dan hewani
dengan cara dikeringkan
o. Teknologi Informasi dan
Komunikasi SMP/MTs
1.
Memahami penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang
2.
Menguasai dasar-dasar
ketrampilan komputer
3.
Menggunakan
perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
4.
Memahami prinsip
dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar