7. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN (MAK)
a.
Pendidikan Agama Islam SMK/MAK
1.
Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi
serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2.
Meningkatkan keimanan
kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul
Husna
3.
Berperilaku terpuji
seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti
isyrof, tabdzir dan fitnah
4.
Memahami sumber
hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum
keluarga dalam Islam
5.
Memahami sejarah
Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam
di Indonsia dan di dunia
b.
Pendidikan Agama Kristen SMK
1.
Mewujudkan
nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
2.
Merespon berbagai
bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan
teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
3.
Bertanggung jawab
sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
4.
Menyampaikan berita
damai dan menjadi pembawa damai sejahtera
c.
Pendidikan Agama Katolik SMK
1.
Peserta didik dapat
menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai
Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara
hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara bertanggung jawab.
2.
Peserta didik
menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab
Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup
sehari-hari.
3.
Peserta didik dapat
menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya
dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.
4.
Peserta didik
menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan
Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan
martabat dan hak asasi manusia dengan
menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan
keutuhan lingkungan hidup
d.
Pendidikan Agama Hindu SMK
1.
Memahami Atman
sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai
tujuan tertinggi
2.
Memahami
sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur
Asrama, dan Catur Purusartha
3.
Memahami tata cara
persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan menurut
Hindu (Wiwaha)
4.
Memahami
pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu
5.
Memahami struktur,
hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
6.
Memahami perhitungan
hari-hari suci menurut Hindu
7.
Memahami
kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
8.
Memahami proses
penciptaan dan pralaya alam semesta
9.
Memahami
nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan
agama Hindu di India dan negara lainnya
e.
Pendidikan Agama Buddha SMK
1.
Beriman kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi
dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan
untuk memahami dan meyakini hukum alam
3.
Membaca Paritta dan
Dhammapada serta mengerti artinya
4.
Beribadah
(kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masing-masing aliran
5.
Meneladani sifat,
sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
6.
Memiliki kemampuan dasar
berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah
7.
Memahami sejarah
kehidupan Buddha Gotama
8.
Memahami peran
agama dalam kehidupan sehari-hari
9.
Memiliki bekal
pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi
f.
Pendidikan Kewarganegaraan SMK/MAK
1.
Memahami hakekat bangsa
dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.
Menganalisis sikap
positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
3.
Menganalisis
pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan
serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun
di luar negeri
4.
Menganalisis peran
dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
5.
Menganalisis budaya
politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di
Indonesia
6.
Mengevaluasi
hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7.
Mengevaluasi sikap
berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945
8.
Menganalisis peran
Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama
global lainnya
9.
Menganalisis sistem
hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah
internasional
g.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMK/MAK
1.
Mempraktekkan
keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
2.
Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.
Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap
tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
4.
Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam
pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
5.
Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti
renang, permainan di air dan keselamatan di air
6.
Mempraktekkan
kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam
sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
7.
Memahami budaya hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang
sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari
narkoba dan HIV
h.
Bahasa Indonesia SMK/MAK
Tingkat Semenjana
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan
penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis
membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.
Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana
tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Tingkat Madia
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan
informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan pekerjaan
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis
membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang
berkaitan dengan pekerjaan
4.
Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana
tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
Tingkat Unggul
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam
kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan
ilmiah sederhana
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk
mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan
dengan kegiatan ilmiah sederhana
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis
membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang
berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
4.
Menulis
Menggunakan berbagai jenis wacana
tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan
tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
i.
Bahasa Inggris SMK/MAK
Level Novice
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
2.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan permintaan dan
perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.
Membaca
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam
wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
Level
Elementary
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyampaikan permintaan dan perintah
yang berkaitan dengan pekerjaan
3.
Membaca
Memahami
makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
pekerjaan
4. Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
Level
Intermediate
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan
permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
menyampaikan permintaan dan perintah
yang berkaitan dengan keprofesian
3. Membaca
Memahami
makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan
keprofesian
4. Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
j.
Matematika Kelompok Seni, Pariwisata, dan Teknologi Kerumahtanggaan SMK/MAK
1.
Memahami konsep
operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami
sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami
konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan
matriks
4. Memahami
konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya
dalam pemecahan masalah
5. Memahami
konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
6. Memahami
konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
7. Memahami
konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
8. Mengapresiasi
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
9. Menalar
secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta
mengkomunikasikan ide
10. Menerapkan
Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
k.
Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran dan Akuntasi SMK/MAK
1. Memahami
konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami
sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami
logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami
konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan
matriks
5. Memahami
konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
6. Memahami
konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
7. Memahami
konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
8. Memahami
konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
9. Memahami
konsep matematika keuangan dan penerapannya dalam pemecahan masalah
10. Menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
11. Menalar
secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah
serta mengkomunikasikan ide
12. Menerapkan
Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
l.
Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian SMK/MAK
1. Memahami
konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
2. Memahami
konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
3. Memahami
sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami
logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta
penerapannya dalam pemecahan masalah
5. Memahami
konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan
matriks
6. Memahami
konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya
dalam pemecahan masalah
7. Memahami
konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam
pemecahan masalah
8. Memahami
konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
9. Memahami
konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan
penerapannya dalam pemecahan masalah
10. Memahami
konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
11. Memahami
konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
12. Memahami
konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah
13. Memahami
konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah
14. Memahami
konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
15. Memahami
konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
16. Menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah
17. Menalar
secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah
serta mengkomunikasikan ide
18. Menerapkan
Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
m.
Ilmu Pengetahuan Alam SMK/MAK
1. Mampu
mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya
untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
2. Mengenali
berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
3. Memiliki
kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem
lingkungan dan sumber daya alam
4. Menerapkan
IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri
n.
Fisika Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami
prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif
2. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan
energi, impuls, dan momentum
3. Mendeskripsikan
prinsip dan konsep konservasi kalor dan fluida dan perubahannya
4. Menerapkan
konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah
5. Menguasai
konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi
program keahliannya
6. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya
dalam kehidupan sehari-hari
7. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada
tingkat yang lebih tinggi
o.
Fisika Kelompok Teknologi SMK/MAK
1. Memahami
prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif
2. Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan
energi, impuls, dan momentum
3. Memahami
sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan
4. Mendeskripsikan
prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya
yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
5. Menerapkan
konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah
6. Memahami
konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah
7. Menerapkan
konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah
8. Menguasai
konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi
program keahliannya
9. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya
dalam kehidupan sehari-hari
10. Menerapkan
konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada
tingkat yang lebih tinggi
p.
Kimia Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami
konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan
kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
2. Memahami
sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non
elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
3. Memahami
konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam
fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan
(elektrolisis)
4. Memahami
struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan
turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
5. Meningkatkan
kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi
individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan
melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
6. Memahami
konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan
penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan
teknologi
7. Menggunakan
pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan
dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing
bidang keahlian.
q.
Kimia Kelompok Teknologi dan Kesehatan SMK/MAK
1. Memahami
konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika,
kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
2. Memahami
sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non
elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
3. Memahami
konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam
fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan
(elektrolisis)
4. Memahami
struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan
turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari
5. Meningkatkan
kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi
individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan
melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
6. Memahami
konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan
penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan
teknologi
7. Menggunakan
pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan
dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing
bidang keahlian.
r.
Biologi Kelompok Pertanian SMK/MAK
1. Memahami
keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya.
2. Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
3. Memahami
konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan
dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses
metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
6. Mengembangkan
penguasaan konsep dan prinsip biologi, serta keterkaitannya dengan IPA lainnya
7. Meningkatnya
kesadaran dan peran-serta dalam menjaga kelestarian lingkungan
8. Menerapkan
pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan alam sekitar dalam
kehidupan sehari-hari
9.
Mengembangkan
pemahaman dan kemampuan untuk menunjang kompetensi produktif dan pengembangan
diri
s.
Biologi Kelompok Kesehatan SMK/MAK
1. Memahami
keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya.
2. Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
3. Memahami
konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan
dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses
metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
5. Memahami
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
6. Mengembangkan
penguasaan konsep dan prinsip biologi, serta keterkaitannya dengan IPA lainnya
7.
Meningkatnya
kesadaran dan peran-serta dalam menjaga kelestarian lingkungan
8.
Menerapkan
pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan alam sekitar dalam
kehidupan sehari-hari
9.
Mengembangkan
pemahaman dan kemampuan untuk menunjang kompetensi produktif dan pengembangan
diri.
t.
Ilmu Pengetahuan Sosial SMK/MAK
1.
Memahami
konsep-konsep interaksi antarindividu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat
sekitar
2.
Memahami proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan
nasional
3.
Memahami konsep
kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam
rangka pemenuhan kebutuhan
4.
Berpikir logis dan
kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
ekonomi
5.
Memiliki komitmen tinggi
terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
6.
Mampu berkomunikasi,
bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal,
nasional, dan global.
u.
Seni Budaya SMK/MAK
Seni
Rupa
1.
Memahami konsep seni
rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan
2.
Menunjukan sikap
apresiatif terhadap seni rupa
Seni
Musik
1.
Memahami konsep
seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan
2.
Menunjukan sikap
apresiatif terhadap seni musik
Seni
Tari
1.
Memahami konsep
seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
2.
Menunjukan sikap
apresiatif terhadap seni tari
Teater
1.
Memahami konsep teater
dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
2.
Menunjukan sikap
apresiatif terhadap teater
v.
Keterampilan
Komputer dan Pengelolaan Informasi SMK/MAK
1.
Mampu mengoperasikan
komputer PC
2.
Mampu mengoperasikan
sistem operasi soft ware
3.
Mampu menggunakan
teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan
yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
4.
Mampu mengoperasikan
PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design
w.
Kewirausahaan SMK/MAK
1.
Mampu
mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari,
terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
2.
Menerapkan sikap
dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
3.
Memahami
sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya
4.
Mampu merencanakan
sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL
TTD.
BAMBANG
SUDIBYO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar