67. Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam
bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap
berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak
tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan
untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan,
dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki
bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi
perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat
dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil
teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar
secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan
sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat
dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat
mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya
dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran
keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk
jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran
untuk selama 3 tahun, atau ekivalen
dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini
dibelajarkan secara terpisah dan mandiri
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif
dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi
informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan
untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan
memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
|
1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
1.2 Mendeskripsikan sejarah
perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi dari masa lalu
sampai sekarang
1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi
dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan
dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif
dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
2. Mengenal operasi dasar
peralatan komputer
|
2.1
Mengaktifkan
komputer sesuai prosedur
2.2
Mematikan
komputer sesuai prosedur
2.3
Melakukan operasi dasar pada operating
system dengan sistematis
|
Kelas VII,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Mempraktikkan keterampilan dasar komputer
|
3.1
Mengidentifikasi
berbagai komponen perangkat keras komputer
3.2
Mengidentifikasi
berbagai perangkat lunak program aplikasi
3.3
Memahami
kegunaan dari beberapa program aplikasi
3.4
Mempraktikkan
satu program aplikasi
|
Kelas VIII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
|
1.1
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
1.2
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
1.3
Menggunakan
menu dan ikon pokok pada perangkat
lunak pengolah kata
1.4
Membuat dokumen pengolah kata
sederhana
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
|
2.1
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
2.2
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
2.3
Menggunakan
menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka
2.4
Membuat dokumen pengolah angka sederhana
|
Kelas IX , Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami
dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
|
1.1
Menjelaskan
pengertian dasar Internet/intranet
1.2
Memahami
dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
1.3
Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
1.4
Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet
1.5
Melakukan
berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet
|
Kelas IX , Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
|
2.1
Mendemonstrasikan
akses internet sesuai dengan prosedur
2.2
Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
2.3
Mengakses
beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar