Lampiran 2
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT
SMP, MTs, DAN SMPLB
1. Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Agama memiliki
peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu
dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat.
Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka
internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah
keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan
keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama
dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai
perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup
pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan
nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif
kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan
pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan
jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode
pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian
seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan.
Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs
bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat
beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan,
keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan
manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan
hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah
dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar
|
Aqidah
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT
melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin
keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3. Memahami Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul
Husna
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5.
Memahami ketentuan –
ketentuan thaharah (bersuci)
|
5.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi
wajib
5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan
najis
|
6. Memahami tatacara shalat
|
6.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat
wajib
6.2 Memperaktikkan shalat wajib
|
7. Memahami tatacara shalat jamaah dan
munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah
dan munfarid
7.2 Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat
munfarid
|
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan misi nabi
Muhammad untuk semua manusia dan
bangsa
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
9. Menerapkan hukum bacaan nun
mati/tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat
|
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada
Malaikat
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
11. Membiasakan
perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun,
ulet dan teliti
11.2
Menampilkan
contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3
Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan
teliti
|
Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat
jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at
|
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
|
13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qashar
13.2
Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk
menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan
para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan
Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
dengan benar.
|
Aqidah
2.
Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada
Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT
yang di turunkan kepada para Rasul
2.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an
sebagai Kitab Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal
3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan
tawakkal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Menghindari
perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab,
hasad, ghibah dan namimah
4.2 Menyebutkan contoh - contoh perilaku
ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab,
hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Mengenal
tatacara shalat sunnat
|
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat
rawatib
5.2 Memperaktikkan shalat sunnat rawatib
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami
macam-macam sujud
|
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur,
sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud
sahwi, dan sujud tilawah
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
7. Memahami tatacara puasa
|
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib
7.2
Memperaktekkan
puasa wajib
7.3
Menjelaskan
ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4
Memperaktikkan
puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
|
8. Memahami zakat
|
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan
zakat mal
8.2
Membedakan
antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3
Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4
Memperaktikkan
pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
9. Memahami Sejarah Nabi
|
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.2
Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
|
10.1
Menjelaskan
hukum bacaan mad dan waqaf
10.2
Menunjukkan
contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3
Mempraktikkan
bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Aqidah
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
|
11.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada Rasul Allah
11.2
Menyebutkan
nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3
Meneladani
sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Akhlak
12. Membiasakan perilaku terpuji
|
12.1
Menjelaskan
adab makan dan minum
12.2
Menampilkan
contoh adab makan dan minum
12.3
Memperaktekkan
adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
13. Menghindari Perilaku tercela
|
13.1
Menjelaskan
pengertian perilaku dendam dan munafik
13.2
Menjelaskan
ciri-ciri pendendam dan munafik
13.3
Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
14. Memahami hukum Islam tentang hewan
sebagai sumber bahan makanan
|
14.1
Menjelaskan
jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
14.2
Menghindari
makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
15. Memahami sejarah dakwah Islam
|
15.1
Menceritakan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2
Menyebutkan
tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1.
Memahami
Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
|
1.1
Membaca QS At-Tin dengan
tartil
1.2 Menyebutkan arti QS At-Tin
1.3 Menjelaskan makna QS At-Tin
|
2.
Memahami
Ajaran Al – Hadits tentang menuntut
ilmu
|
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut
ilmu
2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti
dalam Al-Hadits
|
Aqidah
3.
Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada
Hari Akhir
3.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan hari Akhir
3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat
sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
|
Akhlak
4.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian qana’ah dan
tasamuh
4.2 Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan
tasamuh
4.3 Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami
hukum Islam tentang penyembelihan hewan
|
5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan
aqiqah dan hewan qurban
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami
hukum Islam tentang Haji dan Umrah
|
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan
haji dan umrah
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan
umrah
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
7.
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
7.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan
Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al Hadits
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
|
8.1 Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan
tartil dan benar
8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja
selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca hadits tentang kebersihan
9.2
Menyebutkan
arti hadits tentang kebersihan
9.3
Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam hadits
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan
Qadhar
|
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada
qadha dan qadhar
10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan
qadhar
10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan
qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
11. Menghindari perilaku tercela
|
11.1 Menyebutkan pengertian takabbur
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari perilaku takabbur dalam
kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
|
12.1
Menyebutkan
pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2
Menyebutkan
contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3
Mempraktikkan
shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
|
13.1
Menceritakan
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
13.2
Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
E. Arah
Pengembangan
Srtandar kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan
lebih lanjut oleh Departemen Agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar